Posted by: ahahermanto | March 7, 2012

Laporan Fieldtrip Pertanian Berlanjut

Pada dasarnya pertanian berkelanjutan merupakan upaya  pemanfaatan sumber daya yang dapat diperbaharui dan sumberdaya tidak dapat diperbaharui untuk proses produksi pertanian dengan menekan dampak negatif terhadap lingkungan seminimal mungkin. Keberlanjutan yang dimaksud meliputi : penggunaan sumberdaya, kualitas dan kuantitas produksi, serta kualitas lingkungannya. Proses produksi pertanian yang berkelanjutan akan lebih mengarah pada penggunaan produk hayati yang ramah terhadap lingkungan sehingga dalam pelaksanaannya akan mengarah kepada upaya memperoleh hasil produksi atau produktifitas yang optimal dan tetap memprioritaskan kelestarian lingkungan.

Jadi secara umum, sistem pertanian berlanjut merupakan sistem pertanian yang layak secara ekonomi dan ramah lingkungan. Pada tingkat bentang lahan upaya pengelolaannya diarahkan pada upaya menjaga kondisi biofisik yang bagus yaitu dengan  pemanfaatan biodiversitas tanaman pertanian untuk mempertahankan keberadaan pollinator, untuk pengendalian gulma, pengendalian hama dan penyakit dan mengupayakan  kondisi hidrologi (kuantitas dan  kualitas air) menjadi baik serta  mengurangi emisi karbon. Banyak macam penggunaan lahan yang tersebar di seluruh bentang lahan, yang mana komposisi dan sebarannya beragam tergantung pada beberapa faktor antara lain iklim, topografi, jenis tanah, vegetasi dan kebiasaan serta adat istiadat masyarakat yang ada disekelilingnya.

Didalam ruang perkuliahan, mahasiswa mempelajari tentang beberapa indikator kegagalan Pertanian berlanjut baik dari segi biofisik(ekologi), ekonomi dan sosial. Dalam konteks tersebut perlu adanya pengenalan pengelolaan bentang lahan yang terpadu di bentang lahan sangat perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk  meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep dasar Pertanian Berlanjut di daerah Tropis dan pelaksanaannya  di tingkat lanskap.

Laporan Bisa di Download  disini


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: